Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya Berbasis Augmented Reality

Authors

  • Nanda Dwi Putra Universitas Riau
  • Najwa Rokhan Rusmana Universitas Riau
  • Muhammad Muttakin Universitas Riau
  • Hidayat Hatta Irsyad Universitas Riau
  • Muhammad Ikram Syafwan Universitas Riau
  • Dimas Panji Eka Jala Putra Politeknik Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.59095/ijcsr.v4i2.227

Keywords:

Android, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Marker-Based Tracking, Unity 3D

Abstract

Pembelajaran konsep tata surya di sekolah dasar sering kali terkendala oleh keterbatasan media konvensional yang kurang mendukung pemahaman spasial dan visual siswa. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa berinteraksi langsung dengan visualisasi 3D planet dalam lingkungan nyata. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK pada platform Android, dengan metode marker-based tracking untuk menampilkan model planet secara real-time saat marker discan. Hasil pengembangan menunjukkan aplikasi mampu menyajikan tampilan 3D planet yang informatif dan interaktif, dilengkapi narasi edukatif serta antarmuka yang mudah digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR dapat menjadi alternatif inovatif dan menarik dibanding metode konvensional, serta membantu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Secara aplikatif, media ini memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, terutama untuk menjembatani konsep abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Putra, N. D., Rusmana, N. R., Muttakin, M., Irsyad, H. H., Syafwan, M. I., & Putra, D. P. E. J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya Berbasis Augmented Reality. The Indonesian Journal of Computer Science Research, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.59095/ijcsr.v4i2.227

Issue

Section

Articles