Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Tata Surya Berbasis Augmented Reality
DOI:
https://doi.org/10.59095/ijcsr.v4i2.227Keywords:
Android, Augmented Reality, Media Pembelajaran, Marker-Based Tracking, Unity 3DAbstract
Pembelajaran konsep tata surya di sekolah dasar sering kali terkendala oleh keterbatasan media konvensional yang kurang mendukung pemahaman spasial dan visual siswa. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan siswa berinteraksi langsung dengan visualisasi 3D planet dalam lingkungan nyata. Aplikasi dikembangkan menggunakan Unity 3D dan Vuforia SDK pada platform Android, dengan metode marker-based tracking untuk menampilkan model planet secara real-time saat marker discan. Hasil pengembangan menunjukkan aplikasi mampu menyajikan tampilan 3D planet yang informatif dan interaktif, dilengkapi narasi edukatif serta antarmuka yang mudah digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR dapat menjadi alternatif inovatif dan menarik dibanding metode konvensional, serta membantu meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Secara aplikatif, media ini memiliki potensi besar untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, terutama untuk menjembatani konsep abstrak menjadi pengalaman belajar yang konkret dan menyenangkan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanda Dwi Putra, Najwa Rokhan Rusmana, Muhammad Muttakin, Hidayat Hatta Irsyad, Muhammad Ikram Syafwan, Dimas Panji Eka Jala Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.