Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Tren Fashion Korea Di Pasar Lokal
DOI:
https://doi.org/10.59095/jmb.v1i3.167Keywords:
Korean Wave, Hallyu, ashion Korea, K-pop, generasi milenial, generasi Z, Indonesia, gaya berpakaian, perilaku konsumtif, manajemen diriAbstract
Penelitian ini membahas fenomena Korean Wave atau Hallyu yang telah menyebar secara global, termasuk di Indonesia, dan berdampak signifikan terutama pada generasi milenial dan generasi Z. Salah satu aspek yang terpengaruh adalah fashion dan gaya berpakaian ala Korea. Industri fashion Korea Selatan, didukung oleh pengaruh budaya K-pop, telah menjadi populer di Indonesia. Gaya berbusana Korea yang unik, warna yang menarik, dan kesesuaian dengan iklim Indonesia menjadi daya tarik utama. Fenomena ini telah menciptakan pola perilaku konsumtif di kalangan remaja yang berusaha meniru gaya berpakaian idola mereka. Fashion tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi dan ungkapan diri, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Namun, perilaku konsumtif dapat memiliki dampak negatif, baik secara ekonomi, psikologis, maupun sosial. Oleh karena itu, penerapan teknik manajemen diri seperti self-monitoring, self-reward, self-contracting, dan stimulus control dapat efektif dalam mengurangi perilaku konsumtif pada individu.