Analisis Reaksi Konsumen Terhadap UMKM Toko Mas Kelik Menggunakan Peta Empati

Authors

  • Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi Sosial, Universitas Amikom Yogyakarta
  • Rosyidah Jayanti Vijaya Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sain Teknologi, Universitas Amikom Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59095/jmb.v1i2.105

Keywords:

Promosi, Citra Merek, Analisis hubungan,

Abstract

Promosi adalah serangkaian tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran, minat, dan penjualan suatu produk, layanan, atau merek tertentu. Tujuan dari promosi adalah untuk mempengaruhi perilaku konsumen. Pizza Hut adalah sebuah jaringan restoran cepat saji yang terkenal di seluruh dunia. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam menyajikan berbagai jenis pizza, makanan penutup, dan hidangan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memberikan pertanyaan kepada pelanggan Pizza Hut. Adapun responden sebanyak 384 yang merupakan penggemar Pizza Hut di salah satu outlet di Yogyakarta.adapun tekmik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa hubungan promosi terhadap citra merek Pizza Hut Yogyakarta dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dimana bahwa thitung 4.845 > ttabel 2.042 sehingga variabel promosi (X) berpengaruh terhadap variabel citra merek (Y), maka hipotesis diterima adanya pengaruh positif dan signifikan. Selanjutnya, berdasarkan nilai signifikansi dari tabel Coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel promosi (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel citra merek (Y). Seberapa besar pengaruh promosi terhadap citra merek Pizza Hut di kota Yogyakarta pada era covid-19 dilakukan dengan menggunakan uji koefisien determinasi nilai korelasi yaitu senilai 0,675 lalu diperoleh juga koofisien determinasi (R square) sebesar 0,437 berarti sebesar 43,70%.

Downloads

Published

May 31, 2024

How to Cite

Mikal Hakim, Muhammad Fakhri, Sigit, & Vijaya, R. J. (2024). Analisis Reaksi Konsumen Terhadap UMKM Toko Mas Kelik Menggunakan Peta Empati. JURNAL MULTIDISIPLIN BHATARA, 1(2), 21–28. https://doi.org/10.59095/jmb.v1i2.105

Issue

Section

Artikel