Pengaruh Aplikasi Pendataan Dan Pelayanan Terhadap Pengalaman Pengunjung Di Kebun Raya Balikpapan: Pendekatan UTAUT

Authors

  • Akmal Marup Universitas STMIK Borneo Internasional
  • Joy Nashar Utamajaya Universitas STMIK Borneo Internasional
  • Elvin Leander Hadisaputro Universitas STMIK Borneo Internasional

DOI:

https://doi.org/10.59095/ijcsr.v3i2.175

Keywords:

UTAUT, Pengalaman Berkunjung, Penggunaan Aplikasi, Analisis Regresi Linier.

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh aplikasi pendataan dan pelayanan kunjungan (Pandurata) di Kebun Raya Balikpapan, salah satu pusat konservasi tanaman ex situ yang ada di kota Balikpapan, di mana sistem informasi berperan penting dalam meningkatkan pengalaman berkunjung dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Analisis mendalam dilakukan terhadap empat konstruk utama UTAUT: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan aplikasi oleh pengunjung. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua konstruk UTAUT memiliki pengaruh signifikan terhadap penggunaan aplikasi, yang berdampak positif. Dari hasil pengujian, ditemukan bahwa kepuasan saat berkunjung ke Kebun Raya Balikpapan meningkat sebesar 80.5%.

Downloads

Published

Jul 29, 2024

How to Cite

Marup, A., Utamajaya, J. N., & Hadisaputro , E. L. (2024). Pengaruh Aplikasi Pendataan Dan Pelayanan Terhadap Pengalaman Pengunjung Di Kebun Raya Balikpapan: Pendekatan UTAUT. The Indonesian Journal of Computer Science Research, 3(2), 104–109. https://doi.org/10.59095/ijcsr.v3i2.175

Issue

Section

Articles