Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Pelatihan Basic Mechanic di PT. XYZ
DOI:
https://doi.org/10.59095/ijcsr.v3i2.146Keywords:
Motivasi Belajar, Quizizz, Desain Eksperimental, ARCS ModelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta pelatihan basic mechanic di PT. XYZ. Latar belakang penelitian ini adalah belum terdapat penelitian yang secara khusus menyelidiki pengaruh penggunaan Quizizz pada pelatihan mekanik Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental sungguhan (true-experimental design) pada kelompok kontrol dan eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar yang disusun berdasarkan model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) oleh John Keller.Sampel penelitian terdiri dari 22 peserta yang terbagi menjadi dua kelompok: 11 peserta dalam kelompok kontrol dan 11 peserta dalam kelompok eksperimen. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada motivasi awal, tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen, dengan signifikansi > 0.05 yaitu 0.554 dan 0.552. Namun, pada motivasi akhir, terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok tersebut dengan signifikansi < 0.05 yaitu 0.000 dan 0.000, dengan kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi Quizizz menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan. Oleh karena itu, direkomendasikan bagi PT. XYZ untuk mengintegrasikan aplikasi Quizizz dalam program pelatihan mereka guna meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar peserta.