Pengembangan Game Edukasi Berbasis Construct 2: Solusi Inovatif untuk Pembelajaran Berhitung Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59095/jmb.v2i2.224Keywords:
Game Edukasi, Construct 2, Pembelajaran Berhitung, Sekolah Dasar, Media Interaktif.Abstract
Abstrak
Dalam era digital, integrasi teknologi dalam dunia pendidikan menjadi sangat penting guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis Construct 2 sebagai media pembelajaran berhitung bagi siswa sekolah dasar. Game ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep operasi hitung dasar seperti penjumlahan dan pengurangan dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji coba menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi ini dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi berhitung. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis game dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika dasar di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Game Edukasi, Construct 2, Pembelajaran Berhitung, Sekolah Dasar, Media Interaktif.
Abstract
In the digital era, integrating technology into education is essential to improving learning quality. This study aims to develop an educational game using Construct 2 as a learning medium for arithmetic in elementary schools. The game is designed to help students understand basic arithmetic operations such as addition and subtraction through an enjoyable and interactive approach. The development method follows the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Trial results show that using this educational game increases students’ interest and understanding of arithmetic material. Therefore, game-based learning media can serve as an innovative solution to enhance the effectiveness of basic mathematics education in elementary schools.
Keywords: Educational Game, Construct 2, Arithmetic Learning, Elementary School, Interactive Media.